Pengertian Marketing Manajemen, Dan Pentingnya Dalam Manajemen Pemasaran

Definisi Marketing Management – Pengertian marketing manajemen adalah aplikasi, pelacakan dan peninjauan sumber daya pemasaran perusahaan dan kegiatan.

Agar anda dapat menjalankan strategi pemasaran dengan baik, anda harus bisa mengelola strategi tersebut dengan baik. Disitulah peran dari  marketing manajemen. Tapi, apa itu marketing manajemen? dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat tentang apa itu manajemen pemasaran. Selamat menyimak.

Definisi Marketing Management

Dari yang dikutip dari businessdictonary.com, marketing management adalah aplikasi, pelacakan dan peninjauan sumber daya pemasaran perusahaan dan kegiatan. Ruang lingkup dari manajemen pemasaran bisnis tergantung pada ukuran bisnis dan industri di mana bisnis beroperasi.

Manajemen pemasaran yang efektif akan menggunakan sumber daya perusahaan untuk meningkatkan basis pelanggan, meningkatkan pendapat pelanggan dari produk dan jasa perusahaan, dan meningkatkan nilai yang dirasakan perusahaan.

Secara bahasa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian mengarahkan memotivasi dan mengkoordinasikan dan mengendalikan berbagai kegiatan dari suatu perusahaan. Pemasaran adalah proses memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Manajemen Guru Philip Kotler mendefinisikan pemasaran sebagai “Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan pengendalian program yang dirancang untuk membawa tentang pertukaran yang diinginkan dengan sasaran untuk tujuan keuntungan pribadi dan bersama.

Artikel Lain : Pengertian Marketing Manajemen, Dan Pentingnya Dalam Manajemen Pemasaran

Ini sangat bergantung pada adopsi dan koordinasi produk, harga, promosi dan tempat untuk mencapai respon “: Dengan kata lain, disiplin bisnis, yang berfokus pada aplikasi praktis dari teknik pemasaran dan manajemen sumber daya pemasaran perusahaan dan kegiatan, adalah Manajemen Pemasaran.

Manajemen pemasaran berfokus pada faktor-faktor psikologis dan fisik pemasaran. Manajer Pemasaran bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan diterima definisi istilah.

Sedangkan faktor psikologis fokus pada menemukan kebutuhan dan keinginan konsumen dan perubahan pola perilaku pembelian, kebiasaan dll faktor fisik fokus pada pemenuhan kebutuhan dan tuntutan membeli desain produk yang lebih baik, saluran distribusi dan fungsi lainnya.

Singkatnya, Pemasaran beraksi adalah Manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran memiliki tanggung jawab untuk melakukan banyak fungsi di bidang pemasaran seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, memotivasi, mengkoordinasikan dan mengendalikan. Semua fungsi ini bertujuan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Artikel Lain : Bagaimana Pola Manajemen Orang Jepang?

Berikut ini adalah ringkasan singkat dari fungsi Pemasaran yang dikutip dari gktoday.in :

  • Tujuan pemasaran: manajemen pemasaran menentukan tujuan pemasaran. Tujuan pemasaran mungkin jangka pendek atau jangka panjang dan membutuhkan pendekatan yang jelas. Mereka harus berada di koherensi dengan tujuan dan sasaran organisasi.
  • Perencanaan: Setelah obyektif menentukan Tujuan pemasaran, fungsi penting dari manajemen pemasaran adalah untuk merencanakan bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Ini termasuk perkiraan penjualan, program pemasaran formulasi, strategi pemasaran.
  • Organisasi: Sebuah rencana sekali dirumuskan implementasi kebutuhan. Menyelenggarakan fungsi manajemen pemasaran melibatkan pengumpulan dan koordinasi sarana yang diperlukan untuk melaksanakan rencana dan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. organisasi melibatkan struktur organisasi pemasaran, tugas, tanggung jawab dan wewenang berbagai anggota organisasi pemasaran.
  • Koordinasi: Koordinasi mengacu pada penyesuaian harmonis kegiatan organisasi pemasaran. Ini melibatkan koordinasi antara berbagai kegiatan seperti peramalan penjualan, perencanaan produk, pengembangan produk, transportasi, pergudangan dll
  • Arah: Arah dalam manajemen pemasaran mengacu pada pengembangan pasar baru, kepemimpinan karyawan, motivasi, inspirasi, membimbing dan pengawasan karyawan.
  • Kontrol: kontrol mengacu pada efektivitas yang rencana pemasaran diimplementasikan. Ini melibatkan penentuan standar, evaluasi kinerja aktual, adopsi langkah-langkah perbaikan,
  • Staffing: Pekerjaan karyawan yang tepat dan mampu sangat penting untuk keberhasilan rencana pasar. Pengelola pasar berkoordinasi dengan Manajer Sumber Daya Manusia dari suatu organisasi untuk dapat mempekerjakan staf dengan kemampuan yang diinginkan.
  • Analisis dan Evaluasi: Manajemen pemasaran melibatkan analisis dan evaluasi produktivitas dan melakukan gada karyawan individu.

PENTINGNYA MANAJEMEN PEMASARAN

CEB melaporkan bahwa pembeli yang modern melengkapi sekitar 60% dari proses pembelian sebelum melibatkan perwakilan penjualan. Pembeli telah menjadi lebih knowledgable karena mereka sekarang mendidik diri mereka sendiri dengan memeriksa produk perusahaan online serta download whitepaper yang relevan dan studi kasus.

Pemasaran bertanggung jawab untuk kehadiran online perusahaan dan sekarang memiliki pengaruh lebih besar atas pembeli daripada sebelumnya.Manajemen pemasaran harus mengembangkan strategi memimpin generasi yang efektif untuk membantu tim penjualan mencapai kuota mereka.

Sebelum memutuskan strategi, manajer pemasaran harus meluangkan waktu untuk meneliti pasar, mengingat apa target pelanggan yang optimal, apa pendekatan saingan langsung yang mengadopsi, dan bagaimana untuk membedakan produk perusahaan dari kompetisi.

Itulah sedikit tentang arti dari marketing management. Semoga dapat bermanfaat bagi anda, sekian terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Marketing Manajemen, Dan Pentingnya Dalam Manajemen Pemasaran | Admin | 4.5
%d bloggers like this: