Apa Itu e-marketing?

e-Marketing Adalah – Marketing sudah cukup ada lama sekali. Sejak hari ketika manusia pertama kali melakukan jual beli, pemasaran ada di sana. Dalam masa yang lama itu, metode pemasaran telah berubah serta berkembang dan e-Marketing adalah produk dari pertemuan antara teknologi komunikasi modern dan prinsip-prinsip pemasaran kuno yang berkembang itu. Sekarang pertanyaannya, sebenarnya e-marketing itu apa? apa bedanya dengan marketing yang lain? lalu apa untungnya?

What is e-marketing?

Sangat sederhana sekali, elektronik marketing atau pemasaran elektronik mengacu pada penerapan prinsip-prinsip pemasaran dan teknik melalui media elektronik dan lebih khususnya internet. Istilah marketing, internet marketing dan online marketing, sering tertukar dan sering dianggap serupa.

bentuk contoh e-marketing

bentuk contoh e-marketing

e-marketing adalah proses pemasaran brand menggunakan Internet. Ini mencakup unsur-unsur pemasaran baik marketing respons langsung dan tidak langsung serta prakteknya menggunakan berbagai teknologi untuk membantu menghubungkan bisnis ke pelanggan.

Dengan definisi seperti itu, e-marketing meliputi semua kegiatan bisnis melakukan melalui web di seluruh dunia dengan tujuan menarik bisnis baru, mempertahankan bisnis saat ini dan mengembangkan keunikan brand.

Seberapa penting e-marketing?

Ketika diterapkan dengan benar, untung dari investasi (Return Of Investeent) dari e-marketing jauh dapat melebihi dari strategi pemasaran konvensional.
Mau anda seorang “hardware” bisnis atau fokus operasi murni secara online, Internet adalah sebuah kekuatan yang tidak dapat diabaikan. Hal ini dapat menjadi sarana untuk “berjumpa” jutaan orang setiap hari, ini sangat mendukung dari redefinisi cara bisnis yaitu berinteraksi dengan pelanggan.

Untungnya Apa?

emarketing-adalah2

E-marketing menyediakan bisnis dengan akses ke pasar massal dengan harga yang terjangkau dan memungkinkan mereka untuk melakukan pendekatan pemasaran pribadi. Sifat fleksibel dan hemat biaya dari e-marketing membuatnya sangat cocok untuk usaha kecil.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari e-marketing untuk usaha kecil menurut toolkit.smallbiz.nsw.gov.au:

  • jangkauan prospek lebih luas – internet telah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang. Dengan e-marketing, memungkinkan Anda untuk mencari pasar baru dan berpotensi bersaing di seluruh dunia dengan hanya investasi kecil.
  • pendekatan efektif – dengan e-marketing yang direncanakan dengan baik dan efektif ditargetkan dapat membantu mencapai target bisnis pelanggan anda.
  • Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik – e-marketing menyajikan kasus bisnis yang kuat di penghematan biaya, terutama di bidang biaya transaksional, layanan pelanggan, saluran media digital, cetak dan distribusi dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.
  • pemasaran 7 kali 24 jam – dengan website pelanggan Anda bisa mencari tahu tentang produk Anda dan melakukan pembelian bahkan jika toko anda tutup atau Anda tidak memiliki tempat fisik sama sekali.
  • pemasaran secara personal – e-marketing memungkinkan Anda untuk mencapai orang-orang yang ingin tahu tentang produk dan jasa anda langsung sehingga lebih tertarget.
  • Peningkatan interaktivitas – e-marketing memungkinkan Anda untuk membuat promosi interaktif menggunakan musik, grafis dan video.
  • Peningkatan kemampuan untuk melacak hasil – e-marketing membuat lebih mudah untuk mengukur seberapa efektif kampanye Anda.

Namun, sebelum anda memulai dengan e-marketing anda, sangat penting untuk memiliki beberapa keterampilan dan pengetahuan untuk menjalankan e-campaign secara efektif. Jika tidak, anda berisiko membuang-buang sumber daya berharga anda dengan promosi yang buruk. Tentu saja anda tidak mau kan?.cukup sekian terima kasih.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: