Pengertian Deep Web, Apa Saja yang Ada di Deep Web?

Secara singkat, deep web adalah situs-situs web yang tidak terindeks di mesin pencari (google, yahoo, dll), tetapi masih tetap bisa diakses dengan menggunakan tools dan jaringan khusus.

Pastinya kita sudah sering menggunakan internet, tapi apakah kita tahu seluk beluk dari dunia internet ini? Boleh jadi kita hanya mengenal pada bagian luar (permukaannya) saja.

Untuk bagian dalam ini dikenal dengan istilah deep web.  Bila kitahanya mengenal dunia internet dari kegiatan browsing biasa, maka deep web ini tak akan bisa kita akses dengan cara browsing biasa yang sering kita lakukan.

Istilah deep web ini pertama kali diberikan oleh Mike Bergman, yang tak lain pendiri dari BrightPlanet. Dan mulai tahun 2011, deep web dikenal mempunyai konten dan informasi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari surface web.

Mengapa Ada Deep Web?

Deep ini banyak memuat informasi yang terdeteksi dari mensin pencarian standar (biasa) di dunia internat, seperti Google, Yahoo maupun Bing. Bahkan Deep web diperkirakan mempunyai presentasi sebanyak 96% dari keseluruhan konten yang ada di internet.

Apa Saja yang Ada di Deep Web?

Sebagian besar isi dari deep web ini memang sangat luas dan lebih banyak terdapat konten-konten berbahaya. Misalkan saja konten tidak senonoh, konten yang dibuat hacker, situs penjualan manusia, bahkan konten-konten ekstrim yang lainnya.

Namun juga ada database hasil penelitian yang telah dilakukan pihak (lembaga) peneliti, pemerintah ataupun peneltian yang sifatnya pribadi.

Apa benar deep web itu bahaya?

Seperti yang kita jelaskan tadi, deep web ini sangatlah berbahaya bagi kita sebagai pengguna internet. Akan banyak hacker maupun pihak lainnya yang akan langsung mendeteksi keberadaan kita saat memasuki deep web.

Bila kita ceroboh dalam membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap indentitas kita bahkan bisa terjadi pencurian identitas.

Tetapi, jika Anda sudah paham seluk beluk IT maka Anda tidak perlu takut jika ingin mengakses deep web. Bahaya jika Anda pemula, dan iseng-iseng saja. Karena ini ada di “dunia bawah” maka tentu saja informasi yang ditampilkan tidak ada batasan, dan sangat rentan disusupi malware, dll.

Jangankan deep web, website yang bukan deep web saja rentan disusupi malware

Yang Harus Dipersiapkan Saat Membuka Deep Web

Sebenarnya deep web ini bukan suatu wadah informasi yang patut kita akses. Tapi bila kita terlanjur membukanya, maka kita harus berhati-hati dengan segala sesuatu yang ada di deep web. Akan lebih baik kita tak usah mengunduh konten apapun dan juga memasukkan informasi apapun di deep web.

Bila memang kita hanya melihat-lihat bukan masalah, namun jangan sampai kita terlibat terlalu jauh. Dan jangan lupa untuk menghapus tiap history dan cache setelah mengakses deep web. Hal ini agar setiap informasi pribadi kita tak mudah ditelusuri oleh hacker maupun palaku dari cybercrime lainnya.

Untuk itu lebih baik kita hanya menjadikan deep web sebagai pengatahuan dari dunia internet saja, bukan untuk dipraktekkan.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: