Apa Itu Bisnis Affiliate? Peluang Bisnis Tanpa Modal

Peluang Bisnis Affiliat

Bisnis Online Affiliate Bisnis online memang sangat banyak sekali cabangnya, seiring dengan berkembangnya teknologi khususnya teknologi internet maka semakin luas pula model bisnis yang ada. Salah satu model bisnis yang paling terkenal adalah bisnis online affiliate. Jika kamu seorang IM atau internet marketers pasti sering denger istilah affiliate bukan. Sebenarnya apa itu bisnis affiliate?

Pengertian Affiliate

Definisi affiliate adalah salah satu model bisnis online, dimana kita dibayar (mendapatkan fee) dari setiap produk yang kita jual. Kebanyakan affiliate menjual barang non-fisik yaitu berupa produk digital. Seperti e-book, video tutorial, software, dll.

Tetapi, affiliate tidak hanya untuk produk-produk non-fisik saja tetapi juga produk fisik. Untuk affiliate produk fisik ini sendiri biasanya kerjasama dengan toko-toko online yang sudah mapan/besar seperti Amazon, lazaada, bhineka, dll.

Mitra/produsen yang produknya kita jual sebagai affiliater (sebutan untuk orang yang menekuni bisnis affiliate) disebut dengan Affiliate Merchant.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate?

Proses bisnis affiliate sebenarnya tidaklah sulit bila dibandingkan dengan kita membuka toko online sendiri. Walaupun memang misal kita menjadi seorang dropshipper kita sama-sama tidak menjual produk sendiri, tetapi seorang dropshipper itu capek. Kita harus terus sabar chatting dengan pembeli, minta harga ditawar, dll.

Cara Kerja Affiliate

Cara Kerja Affiliate (gambar : asknet)

Tetapi, affiliate ini kita tinggal memikirkan caranya agar pembeli mau membeli produk dari affiliate merchant melalui link affiliate kita. Link affiliate adalah link khusus yang mana mengandung ID affiliater untuk mentracing user itu datang dari referer atau gampangnya dari mana user itu tahu tentang produk merchant.

Nah, setelah user mengklik link affiliate tadi dan melakukan pembelian (closing) maka otomatis affiliater akan mendapatkan komisi sesuai dengan besarnya yang telah ditentukan.

Pendapatan Affiliate

Yang jadi pertanyaan adalah, berapa banyak penghasilan seorang affiliate marketer? Itu tergantung pada jam terbang affiliater itu sendiri. Misal, mayoritas affiliate merchant memberikan komisi minimal 20% dari harga jual, atau bahkan ada yang sampai 90% fee.

Maksudnya begini, jika komisi kita 20% dan harga jual $100 maka kita mendapat komisi $20. Jika komisi 90% harga jual $100 maka kita dapat $90. Nah, semakin banyak sales dari link affiliate kita maka otomatis semakin banyak pula komisi yang kita dapat.

Web untuk Affiliate

Lalu darimana kita dapat affiliate merchant? Sekarang sudah banyak sekali affiliate network yang ada. Tetapi, yang paling populer adalah clickbank dan jvzoo. Jika clickbank itu mayoritas menjual produk-produk digital dengan kategori general (umum), jika jvzoo menjual produk yang mayoritas adalah produk IMers, seperti tutorial, tools, template, dll.

Untuk marketplace affiliate indonesia sendiri yang sudah cukup populer adalah ratakan. Ratakan sendiri didirikan oleh salah satu master IMers di Indonesia.

Itu tadi adalah artikel singkat seputar bisnis affiliate. Tidak mudah memang untk berbisnis online, karena potensi kerugiannya juga sama besar dengan bisnis offline. Tetapi, tetap semangat ya…

Cari Artikel di Sini


Apa Itu Bisnis Affiliate? Peluang Bisnis Tanpa Modal | Admin | 4.5
%d bloggers like this: