Apa bedanya Online Marketing Vs Digital Marketing ?

Online Marketing Adalah – Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan apa itu e-marketing?, seberapa penting dan apa keuntungan dari e-marketing, tapi kemudian muncul pertanyaan mengenai apakah digital marketing, internet marketing dan online marketing itu adalah hal yang sama lalu kalau tidak, apa bedanya?

Pengertian

Berdasarkan wikipedia pengertian dari digital marketing dan online marketing adalah  sebagai berikut:

Pemasaran digital atau digital marketing adalah istilah umum untuk pemasaran bertarget, terukur, dan interaktif dari produk atau jasa menggunakan teknologi digital untuk mencapai, mengubah, mengarah ke pelanggan dan mempertahankan mereka. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan merek, membangun preferensi dan meningkatkan penjualan melalui berbagai pemasaran digital teknik. Hal ini diwujudkan oleh pilihan yang luas dari layanan, produk dan pemasaran merek taktik, yang terutama menggunakan internet sebagai media promosi inti, selain Handphone TV dan radio.

Pemasaran online atau Online Marketing mengacu pada satu set alat yang kuat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa melalui internet.
Pemasaran online meliputi berbagai elemen pemasaran dari pemasaran bisnis tradisional dengan menggunakan jaringan ekstra dan mekanisme pemasaran yang tersedia di Internet.

Tapi orang-orang cenderung mengaitkan “internet marketing” sama dengan “online marketing” dan dengan cara yang sama beberapa instansi mendeklarasikan diri mereka sebagai badan internet marketing atau online marketing. Kecenderungan ini bisa dilihat di bawah ini dengan melihat data dari 7 tahun terakhir untuk tiga istilah pencarian:

marketing-digital

grafik onlline marketing dan digital marketing

Pencarian “digital marketing agency” secara signifikan terus meningkat dari tahun 2007 hingga saat ini, sementara internet marketing agency mengalami penurunan begitu juga dengan instansi pemasaran online terus menurun. Bisa dikatakan meskipun terjadi penurunan pencarian untuk istilah-istilah tersebut, bisnis aktual dan individu yang membutuhkan layanan ini terus meningkat seperti dapat dilihat dalam grafik berikutnya:

tren pencarian digital marketing dan online marketing

tren pencarian digital marketing dan online marketing

Banyak orang yang menggunakan istilah yang berhubungan dengan “digital marketing” ketika mencari  tentang istilah “online marketing”. Padahal pada dasarnya pemasaran digital atau digital marketing adalah payung yang melingkup terkait online atau internet marketing. Pemasaran digital tidak sama dengan pemasaran online tetapi sebenarnya mencakup berbagai hal yang jauh lebih luas seperti saluran digital, perangkat atau platform misalnya; billboard, DTV, ponsel / tablet, podcast, radio dll dengan cara komunikasi dan kebiasaan pelanggan yang masing-masing berbeda.

Mengetahui pengertian seperti ini sangat penting terutama dalam pelaksanaan proses pemasaran karena perbedaan ruang lingkup dari masing-masing istilah yang digunakan. Ada banyak kategori pemasaran digital, beberapa lama dan beberapa baru, tetapi yang jelas adalah bahwa jumlah bentuk-bentuk baru pemasaran digital yang menjadi lazim tidak menurun. Tak pelak jenis pemasaran ini akan dibicarakan dan dicari secara online, dan tentu saja hasilnya adalah “pemasaran digital” akan digunakan sebagai alternatif dan karena itu ketertarikan dalam pencarian istilah tersebut akan terus tumbuh.

 

Begitulah yang dapat disampaikan dalam artikel ini mengenai perbedaan pemasaran online dengan marketing secara digital yang serupa tapi tak sama. semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Apa bedanya Online Marketing Vs Digital Marketing ? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: