Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan dalam manajemen perusahaan atau dalam sebuah organisasi yang sistematis dan dapat digunakan dalam membantu usaha menyusun rencana yang matang guna mencapai tujuan, baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek.

Analisis SWOT merupakan sebuah bentuk analisis terhadap situasi dan kondisi yang sifatnya deskriptif atau memberikan gambaran melalui kata kata. Analisa SWOT menempatkan situasi dan kondisi sebagai salah satu faktor masukan dan kemudian dikelompokkan menurut keterkaitannya masing-masing dalam suatu bidang. Satu hal yang perlu diingat oleh para pemakai analisa SWOT ini adalah bahwa analisa SWOT ini digunakan semata-mata untuk sebuah analisis yang ditujukan untuk memberikan gambaran situasi yang sedang dihadapi. Bukan sebagai sebuah alat analisis yang mampu memberikan solusi maupun jalan keluar dari berbagai macam permasalahan yang dihadapi.

Penjelasan Lengkap Singkat SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats)

Seperti telah dikatakan di atas, SWOT merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opporunities (kesempatan), dan Threats (hambatan). Adapun penjelasan komponen SWOT akan dibahas selanjutnya dalam paragraf di bawah ini.

1. S for Strength (Kekuatan)

Merupakan analisis kekuatan, situasi maupun kondisi yang menjadi kekuatan dari sebuah organisasi atau perusahaan yang ada saat ini. Setiap perusahaan atau organisasi harus mampu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan para pesaingnya.

2. W for Weaknesses (Kelemahan)

Merupakan analisis kelemahan, situasi maupun kondisi yang menjadi kelemahan dari sebuah organisasi atau perusahaan yang dialami saat ini. Kelemahan ini dipilih dari kelemahan kelemahan yang menjadi kendala serius dalam kemajuan sebuah perusahaan maupun suatu organisasi.

3. O for Opportunities (Kesempatan)

Analisis peluang, situasi maupun kondisi yang menjadi peluang di luar suatu organisasi atau sebuah perusahaan dan memberikan peluang bagi organisasi atau perusahaan tersebut untuk berkembang di kemudian hari. Carilah peluang dan terobosan yang memungkinkan bagi sebuah perusahaan maupun organisasi agar tetap mampu bersaing di masa depan dan semakin berkembang ke depannya.

4. T for Threats (Hambatan)

Merupakan analisis ancaman dengan cara menganalisis segala macam tantangan dan ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan maupun organisasi yang terkait dengan beberapa macam faktor, salah satunya adalah lingkungan. Beberapa macam tantangan dan ancaman tersebut tentunya yang dimungkinkan dapat menyebabkan kemunduran bagi sebuah organisasi maupun perusahaan. Jika ancaman tersebut tidak segera diatasi, maka akan menjadi penghalang untuk kemajuan perusahaan atau organisasi yang dianalisis di masa depan.

Fungsi Analisis SWOT dalam Perusahaan

Dikutip dari pengertianku.net, metode analisis SWOT merupakan metode analisis paling dasar yang mempunyai manfaat untuk melihat topik ataupun permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil analisis ini biasanya berupa arahan maupun rekomendasi guna mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari seluruh peluang yang ada sembari meminimalisir atau mengurangi kekurangan dan menghindarkan dari segala macam ancaman yang menghadang. Jika digunakan dengan baik dan benar, maka analisis ini akan membantu perusahaan atau organisasi melihat sisi-sisi yang selama ini tidak terlihat dan terlupakan.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, maka analisis SWOT ini berguna untuk melakukan analisis strategi dalam sebuah perusahaan atau suatu organisasi. Analisis tersebut mempunyai peran atau dijadikan alat untuk meminimalisir kelemahan yang ada dalam suatu perusahaan atau organisasi dan juga mampu menekan dampak ancaman yang timbul dan kelak harus dihadapi oleh sebuah perusahaan atau suatu organisasi yang sedang berkembang.

Sekian penjelasan mengenai analisis SWOT yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: