Definisi dan Fungsi Akuntansi Manajemen

Fungsi Akuntansi ManajemenTerdapat beberapa tokoh yang mendefinisikan akuntansi manajemen ini, dan ada fungsi yang sangat berguna untuk sebuah perusahaan. Nah untuk yang pertama kita akan membahas tentang pengertian dari akuntansi manajemen.

Akuntansi manajemen merupakan sebuah sistem yang mana mempunyai tujuan untuk menyajikan laporan keuangan demi kepentingan internal sebuah perusahaan.

Nah informasi yang diperoleh sangat berguna untuk pedoman dalam mengambil sebuah kebijakan perusahaan untuk masa yang akan mendatang.

Adapun beberapa tokoh yang mendefinisikan akuntansi manajemen ini,

Definisi Akuntansi Menurut Halim dan Supomo

Mendefinisikan akuntansi manajemen sebagai kegiatan yang mana menghasilkan informasi berupa keuangan untuk manajemen sebagai landasan dalam pengambilan keputusan untuk dapat menjalankan fungsi dari manajemen

Definisi Akuntansi Menurut Mulyadi

Mendefinisikan akuntansi manajemen sebagai informasi keuangan yang mana dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang mana dapat dimanfaatkan oleh pemakai dari intern entitas.

fungsi akutansi manajemen

perhitungan laba merupakan salah satu fungsi akuntansi (image : google)

Chartered Institute of Management Accountants – CIMA

Dalam hal ini memdefinisikan akuntansi manajemen sebagai proses pengidentifikasian, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, intepretasi, serta komunikasi informasi yang mana dipergunakan sebagai perencanaan pengevaluasian, serta untuk mengendalikan dalam suatu entitas serta digunakan untuk dapat memastikan sesuai akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut.

Dalam hal ini akuntansi manajemen juga dapat meliputi dalam penyusunan laporan keuangan baik itu kelompok non-manajemen seperti halnya pemegang saham, badan pengatur, serta otoritas pajak.

Charles T. Homgren

Beliau mendefinisikan akuntansi manajemen merupakan sebuah proses dalam identifikasi, pengukuran, akumulasi analisa, penyiapan penafsiran serta komunikasi yang berhubungan dengan informasi yang dapat mendukung eksekutif agar dapat memenuhi tujuan dari organisasi tersebut.

Akuntansi manajemen ini berbeda dengan akuntansi keuangan. Terus apa beda? Nah silahkan penjelasan berikut ini.

Kita sudah menjelaskan akuntansi manajemen, yang mana ditujukan untuk kepentingan internal dari perusahaan, akan tetapi sebaliknya akuntansi keuangan ditujukan demi kepentingan eksternal dari perusahaan, seperti halnya investor, pemegang saham, serta kreditor.

Atau boleh dikatakan bahwa akuntansi keuangan menyajikan data secara garis besar saja, sebaliknya akuntansi manajemen mempunyai sifat yang lebih detail serta terperinci yang mana laporannya di klasifikasikan.

Adapun fungsi, tujuan serta ruang lingkup utama dari akuntansi manajemen sebagai penyajian data-data ataupun informasi yang sangat penting yang mana terkait dengan berdasarkan data historis yang mana dalam rangka untuk melaksanakan proses manajemen.

Sebagai manajer keuangan kita akan membutuhkan informasi yang itu terkait dengan aktifitas dari keuangan perusahaan seperti modal, pengembalian investasi, rasio keuangan dan lainnya.

Sebagai mana manajer keuangan, manajer produksi juga akan membutuhkan segala informasi yang terkait dengan rincian dari biaya cost of good sold rincian harga pokok dari produksi. Sebagai contohnya adalah total dari biaya produksi, biaya per unit produk serta biaya yang secara langsung berdampak pada proses produksi.

Sedangkan seorang manajer pemasaran juga akan membutuhkan semua informasi biaya yang terkait dengan penetapan harga jual dari produk, penen tuan sistem penjualan, beban komisi, marketing fee, serta informasi tentang nilai discount dalam rangka meningkatkan volume dari penjualan.

Yang terakhir membutuhkan informasi adalah top manajer, yang mana membutuhkan informasi yang berhubungan dengan pengambilan kebijakan yang strategis perusahaan, sebagai contohnya adalah penyusunan anggaran perusahaan, ekspansi usaha serta kebijakan investasi yang lainnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: