Definisi Lengkap Akuntansi Manajemen

Definisi Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajerial – Ada banyak macam-macam tipe akuntansi, seperti pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang akuntansi manajemen sektor publik dan akuntansi keuangan. Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang akuntansi manajemen. Pada intinya mereka memiliki arti yang sama saja, cuma berbeda pada hal penerapan atau aplikasiannya.

Definisi Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen juga biasa disebut dengan akuntansi manajerial adalah salah satu dari sekian bnyk bidang akuntansi yang memiliki fungsi untuk menyajikan laporan-laporan yang ditujukan untuk pihak internal perusahaan terutama untuk pihak manajemen untuk melaksanakan tugas/proses manajemen seperti perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian.

Dalam akuntansi manajemen memang difokuskan untuk memberikan data informasi keuangan / financial report guna keperluan interen perusahaan. Informasi yang disajikan oleh akuntansi manajemen sangat diperlukan guna mengambil kebijakan / strategi apa yang harus diambil untuk tahun berikutnya. Karena, dengan data dan informasi akurat maka pihak manajemen akan bisa memberikan arahan yang tepat pula.

Definisi Akuntansi Manajemen Menurut Ahli

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen Sangat Penting untuk Perusahaan (Gambar : Google)

Itu tadi adalah definisi akuntansi manajemen secara umum, lalu bagaimana definisi akuntansi manajemen menurut para ahli?

Definisi Akuntansi Manajemen menurut Halim dan Supomo [2000 : 3] akuntansi manajemen merupakan kegiatan yang menghasilkan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen.

Definisi Akuntansi Manajemen menurut Mulyadi [2001 : 2] akuntansi manajemen merupakan informasi keuangan dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen, yang dimanfaatkan oleh pemakai intern entitas.

Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Dalam praktiknya ruang lingkup informasi yang terdapat pada akuntansi manajemen lebih spesifik dibandingkan dengan bidang akuntansi yang lain alias cenderung lebih sempit.

Akuntansi manajemen tidak terlalu terfokus pada suatu perusahaan sebagai sebuah entitas tetapi cenderung lebih ke detail lagi karena laporan yang disajikan lebih akan menjadi sangat vital untuk perusahaan, seperti bagian produksi ataupun marketing, sehingga informasi itu dijadikan data/ acuan valid untuk penentuan strategi kedepannya.

Tingkat kompleksitas akuntansi manajemen bergantung pada tingkat kebutuhan ataupun elemen-elemen yang ada pada tingkatan manajemen tersebut, seberapa banyak pihak yang terlibat pada pengambilan sebuah keputusan. Itu tadi adalah pengertian akuntansi manajemen, semoga bermanfaat bagi Anda.

Cari Artikel di Sini


Definisi Lengkap Akuntansi Manajemen | Admin | 4.5
%d bloggers like this: