Definisi Akuntansi Manajemen Sektor Publik dan Fungsinya

Akuntansi Manajemen Sektor Publik

Akuntansi Manajemen Sektor Publik – Ada banyak sekali macam-macam akuntansi, seperti diartikel sebelumyna yaitu akuntansi keuangan. Kemudian di artikel ini kita akan mencoba membahas tentang akuntansi manajemen sektor publik.

Salah satu peran utama dari manajemen sektor publik ialah memberikan informasi akuntansi yang akan dipakai oleh manajer sektor publik untuk melakukan fungsi perencanaan serta pengendalian perusahaan/organsisasi.

Akuntansi manajemen sendiri merupakan salah satu dari sistem pengendalian manajemen yang bersifat integral, Menurut Institute of Managemen Accountants tahun 1981 memiliki definisi akuntansi manajemen sebagai suatu proses untuk pengidentifikasian, pengukuran, penganlisaan, pengakumulasian, penyiapan, pengkounikasian informasi keuangan/finansial, serta pengintepretasian keuangan yang tentunya akan digunakan ooleh bagian manajemen perencanaan, evaluasi seta pengendalian organisasi dan untk menjamin supaya sumber daya yang digunakan secara akuntabel dan tepat.

Sedangkan definisi akuntansi manajemen menurut Statements on Management Accounting 1A adalah :

“The Process of identification, measurement, accumulation, analysis, preparation, interpretation, and communication of financial information used by management to plan, evaluate, and control within an organization and to assure appropriate use of and accountability for its resources.”

Pada intinya adalah akuntansi manajemen sektor publik tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan prinsip-prinsip manajemen di sektor swasta. Tetapi yang harus digaris bawahi ialah sektor publik memiliki perbedaan pada karakteristik serta sifat dibandingkan dengan sektor swasta, sehingga penerapannya tidak dapat langsung diterapkan tanpa modifikasi terlebih dahulu.

Peran akuntansi manajemen publik memang cukup penting / sakral karena memberikan informasi seputas akuntansi yang kredibel, relevan serta handal dapat dipercaya kepada pihak manajer sehingga manajer dapat melaksanakan fungsi pengendalian dan perencanaan organisasi dengan baik.

Dalam organisasi sektor publik, perencanaan sudah dilakukan sejak dilakukannya perencanaan strategik, sedangkan pengendaliannya dilakukan terhadap / kepada pengendalian tugas / task control. Secara umum ada 6 peran akuntansi manajemen dalam sektor publik, yaitu :

Akuntansi Sektor Publik

Fungsi dan Peran Akuntansi Sektor Publik (Gambar : Gogle)

Peran utama akuntansi manajemen dalam organisasi sektor publik adalah memberikan informasi akuntansi yang relevan dan handal kepada manajer untuk melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.

Dalam organisasi sektor publik, perencanaan dimulai sejak dilakukannya perencanaan stratejik, sedangkan pengendalian dilakukan terhadap pengendalian tugas (task control). Peran akuntansi manajemen dalam organisasi sektor publik meliputi:

  1. Perencanaan stratejik , dalam tahap ini tim manajemen organisasi menyusun alternatif-alternatif progam yang bia mendukung strategi efektif organisasi. Peran akuntansi manajemen disini ialah memberikan data / informasi akurat seputar akuntansi seperti cost of program serta cost of activity.
  2. Pemberian informasi biaya, kedua adalah memberikan rincian biaya sedetail mungkin meliputi biaya input, output, serta biaya proses.
  3. Penilaian investasi, fungsi ini memang lebih rumit jika dibanding dengan sektor swasta. Karena teknik-tekik yang digunakan dalam penilaian investasi berbeda dengan swasta. Organisasi swasta menyasar keuntungan sedangkan organisasi sektor publik tidak. Karena itulah pada tahap ini biasa menggunakan analisis efektifitas biaya (cost-effectiveness analysis).
  4. Penganggaran, akuntansi manajemen sektor publik diharapkan mampu berperan dalam memfasilitasi terciptanya anggaran publik yang lebih efektif terkait dengan 3 fungsi anggaran antara lain alat alokasi sumber daya publik, distribusi, serta stabilitas. Karena itulah akuntansi manajemen menjadi alat / tools vital dalam pengalokasian serta pendistribusian sumber dana publik kepada masyarakat secara tepat, efisien, adil, serta merata.
  5. Penentuan biaya pelayanan (cost of services) dan penentuan tarif pelayanan (charging for services)Akuntansi manajemen digunakan untuk menghitung berapa banyak pengeluaran / cost yang digunakan untuk membuat layanan / jasa publik, termasuk menghitung seberapa banyak subsidi yang diberikan untuk publik.
  6. Penilaian kinerja, akuntansi manajemen dibutuhkan untuk pengendaliansistem. Akuntansi manajemen digunakan untuk melakukan penilaian kinerja untuk mengukur seberapa besar tingkat efektivitas serta efisiensi organisasi guna mencapai tujuan yang sudah dicanangkan.

Nah, itu tadi adalah definisi dan fungsi-fungsi akuntansi manajemen sektor publik. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Cari Artikel di Sini


Definisi Akuntansi Manajemen Sektor Publik dan Fungsinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: