Apa itu Akuntansi Keuangan ?

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan – Ada banyak sekali cabang-cabang ilmu akuntansi yang ada. Semua cabang-cabang atau bidang-bidang tersebut sengaja dibuat/diciptakan guna memenuhi setiap kebutuhan perusahaan/usaha.

Karena, setiap instansi satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda, karena itulah diperlukan kesesuaian ilmu akuntansi yang diterapkan.

Definisi Akuntansi Keuangan

Lalu apa itu akuntansi keuangan? Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang membahas tentang penyiapan laporan keuangan yang sengaja ditujukan untuk pihak eksternal seperti para pemegang saham, debitur, kreditor, atau instansi pemerintahan.

Prinsip utama yang digunakan dalam akuntansi keuangan ialah persamaan akuntansi dimana Aset = Liabilitas + Ekuitas. Akuntansi keuangan berhubungan erat dengan proses pencatatan setiap transaksi untuk sebuah perusahaan/organisasi serta penyusunannya dilakukan dalam bentuk laporan berkala dari hasil pencatatan yang dilakukan tersebut.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan

Laporan yang disusun ini sangat penting digunakan bagi pihak yang berkepentingan, misalkan pihak manajer yang digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan, serta digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan kepada pemegang saham.

Hal penting lainnya dalam akuntansi keuangan ialah Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yaitu aturan-aturan yang wajib digunakan untuk pengukuran serta penyajian laporan keuangan/ financial report untuk kepentingan pihak eksternal.

Hal ini diharapkan supaya para pemakai serta penyusun laporan bisa saling berkomunikasi lewat laporan keuangan tersebut, sebab mereka menggunakan acuan / dasar yang sama yaitu SAK.

SAK ini mulai diaplikasikan di Indonesia pada tahun 1994 yang menggantikan Prinsip-Prinsip Akuntansi Indonesia tahun 1984. Itu tadi adalah pembahasan singkat tentang akuntansi keuangan, semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Apa itu Akuntansi Keuangan ? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: