Definisi Akuntansi Keperilakuan dan Ruang Lingkupnya

Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi Keperilakuan Akuntansi keperilakuan adalah ilmu akuntansi yang dikombinasikan dengan ilmu sosial. Akuntansi keperilakuan adalah ilmu yang mempelajari efek dari perilaku manusia sehingga bisa mempengaruhi data-data akuntansi serta pengambilan keputusan usaha/bisnis, juga sebaliknya bagaimana akuntansi bisa mempengaruhi perilaku manusia serta pengambilan keputusan bisnis.

Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi keperilakuan juga bagian dari akuntansi tradisional yang berperan untuk pengumpulan, pengukuran, pencatatan serta pelaporan tentang informasi keuangan. Ini merupakan dimensi akuntansi yang secara khusus pada perilaku manusia serta hubungannya dengan penerapan sistem informasi akuntansi.

Dalam akuntansi keperilakuan perilaku manusia menjadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan, karena didalamnya terdapat dimensi sosial dari organisasi tersebut. Sehingga hal ini menjadi salah satu elemen penting yang harus ada pada setiap laporan oleh akuntan.

Berikut ini adalah ruang lingkup akuntansi keperilakuan :

  1. Aplikasi ponsel ilmu keperilakuan/sosial terhadap desain serta konstruksi sistem akuntansi.
  2. Studi/pembelajaran atas efek terhadap format serta isi laporan akuntansi / keuangan.
  3. Bagaimana cara untuk mengolah / memproses informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
  4. Pengembangan teknik laporan untuk mengkomunikasikan antara perilaku data kepada user.
  5. Mengembangkan strategi yang efektif untuk bisa memotivasi serta mempengaruhi terhadap perilaku, aspirasi serta tujuan dari setiap personal yang ada dalam organisasi.
Makna-Hidup

Berikut contoh filosofi hidup
(image : ahmadsubhan)

Secara general, ada 3 kategori utama ruang lingkup keperilakuan, yaitu :

  1. Pengaruh/efek dari setiap perilaku/kegiatan manusia terhadap desain, konstruksi serta penggunaan sistem akuntansi. Hal ini terlihat pada bagaimana sikap serta fiolosofis dari bagian manajemen dalam mempengaruhi secara alami terhadap budgeting controll atau pengendailan keuangan serta memaksimalkan fungsi setiap bagian dalam organisasi/perusahaan.
  2. Kebalikan dari yang pertama, bagaimana sistem akuntansi mempengaruhi setiap perilaku manusia yang ada didalamnya. Hal ini ditandai dari perubahan emosi, motivasi, produktivitas, kepuasan kerja, pengambilan keputusan serta kerjasama tim.
  3. Metoda atau cara untuk memprediksi untuk mengubah perilaku manusia, yang mana menekankan pada cara agar sistem akuntansi dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi habit atau perilaku manusia.

Aplikasi Akuntansi Keperilakuan

Kalau ditanya tentang manfaat ilmu akuntansi keperilakuan atau aplikasinya t entunya sangatlah banyak. Karena akuntansi keperilakuan sangat berkaitan erat dengan sektor ekonomi.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Keuangan

Pada intinya adalah akuntansi keperilakuan sangat dibutuhkan pada saat pengambilan keputusan. Dalam hal ini manfaat yang paling banyak dirasakan oleh seorang manajer atau tim manajemen.

Dimana emosi/habit mereka terhadap data-data akuntansi memberikan efek terhadap keputusan yang akan diambil.

Masalah-masalah dalam Akuntansi Keperilakuan

Dalam aplikasinya ada banyak masalah-masalah yang dapat dipecahkan/disebabkan oleh akuntansi keperilakuan. Pada intinya ada 3 masalah yang berhubungan pada saat riset akuntansi keperilakuan, yaitu :

  1. Pengambilan keputusan oleh auditor dan akuntan.
  2. Pengaruh terhadap fungsi sistem akuntansi seperti penyusunan anggaran, audit, dll.
  3. Pengaruh hasil/output misalkan informasi akuntansi, dll.

Itu tadi adalah sedikit penjabaran tentang akuntansi keperilakuan. Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Definisi Akuntansi Keperilakuan dan Ruang Lingkupnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: