Definisi Singkat Akuntan Pemerintah

Pengertian Akuntan Pemerintah

Akuntan Pemerintah – Akuntan adalah gelar profesional yang diberikan kepada siapa saja yang menyelesaikan pendidikan sarjana jurusan akuntansi di perguruan tinggi/universitas serta telah lulus dari Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Penggunaan gelar akuntan/accountant di Indonesia telah diatur dalam UU No 34 tahun 1954 yang berisikan kurang lebih bahwa gelar akuntan hanya bisa didapatkan kepada mereka yang telah selesai studi / berijazah akuntan dari PTN ataupun perguruan tinggi lain yang diakui pemerintah, sedangkan ijazah lainnya harus didapat atas persetujuan Panitia Ahli yang diangkat oleh Mendikbud. Sebelum gelar akuntan dapat digunakan ia harus mendaftar dalam register negara yang dikeluarkan Menkeu.

Pengertian Akuntan Pemerintah

Tugas Akuntan Pemerintahan (Sumber:Google)

Sedangkan akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja secara profesional di dalam instansi pemerintah yang tugasnya adalah memeriksa terhadap setiap laporan keuangan / financial report yang disajikan/dilaporkan oleh setiap organisasi/divisi dalam pemerintahan.

Secara umum yang disebut dengan akuntan pemerintah ialah yang bekerja di BPKP atau Badan Pengawas Keuangan dan Pembagian, serta BAPEK atau Badan Pemeriksa Keuangan, serta instansi pajak.[Baca : Bidang-Bidang Akuntan]

Dalam melakukan tugasnya akuntan pemerintah menggunakan beberapa kode etik. Kode etik ialah sarana yang membantu para pelaksana sebagai seseorang yang profesional agar tidak bisa merusak etika profesi.

Itu tadi adalah pengertian akuntan pemerintah, pada intinya akuntan pemerintah adalah seorang akuntan yang memiliki syarat syah dari pemerintah serta bekerja di sektor pemerintahan seperti yang telah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Definisi Singkat Akuntan Pemerintah | Admin | 4.5
%d bloggers like this: