8 Tips Membeli Batu Akik, Supaya Tidak Mudah Tertipu

2-3 lalu ada sebuah tren unik yaitu tren batu akik di Indonesia. Hal ini tentunya makin banyak pula bisnis batu akik, dan juga semain banyak juga peluang usaha bagi kita.

Bukan hanya penjual saja batu saja, tapi juga penambang bahkan perajin juga ikut merasakan dampak dari bisnis batu mulia ini. Akan tetapi dimana ada peluang besar terkadang hal itu juga ada celah bagi mereka pemain batu akik untuk memanfaatkan ketidak tahuan para konsumen atau penyuka batu akik.

Bahkan tidak jarang banyak cerita tentang penipuan terkait dengan bisnis batu mulia ini. Hal ini juga disebabkan oleh awamnya pengetahuan pembeli, sehingga mereka mudah percaya segala hal yang dikatan oleh para penjual batu.

Maka tak sedikit dari pembeli yang merasa kecewa ketika mengkonsultasikan baru akik kepunyaan mereka ke ahlinya. Kebanyakan pembeli tertipu dengan berbagai macam jenis batu akik yang ada. O

knum (pedagang) batu akik akan melakukan segala macam cara agar semua dagangannya laku dan memperoleh untung yang berlipat ganda. Pada saat oknum menyebutkan sebuah batu akik dengan jenis A dengan segala kelebihannya, calon pembeli yang belum memiliki pengetahuan yang luas tentang batu akik yang asli akan mudah saja percaya.

Untuk itu bagi kita yang suka (hobi) pada batu akik tapi masih pemula maka sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini sebelum kita membeli batu akik :

1. Kalau ingin beli, ajaklah ahli akik

Bila kita memang belum mempunyai pengatahuan seperti yang disebutkan diatas, maka akan lebih baik lagi jika mengajak ahli batu akik untuk meminimalkan resiko penipuan.

Hal ini juga karena begitu banyaknya jenis batu akik, yang juga sangat memingkinkan terjadinya suatu penipuan entah itu disengaja maupun karena memang penjualnya juga kurang memahami batu akik.

2. Perhatikan Sertifikat Batu Akik yang Akan Dibeli

Tak jauh beda dengan batu mulia yang lainnya, batu mulia akik yang memiliki nilai tinggi tentunya akan mempunyai sertifikat untuk menunjukkan keaslian dari batu tersebut.

Dalam sertifikat tersebut umumnya akan berisikan dengan nomor seri maupun nomor identitas dari batu, warna batu, berat batu,  nama batu serta akan dilengkapi dengan dimensi dan juga stempel resmi perusahaan atau pembuat batu tersebut.

3. Perhatikan Ciri-Ciri Batu Akik yang Asli

Terdapat banyak ciri umum yang dapat kita pelajari untuk dapat membedakan suatu keaslian dari sebuah batu akik. Ada banyak pula ciri fisik yang dapat kita pelajari dengan seksama sebelum kita memutuskan membeli sebuah batu akik. Yang perlu kita ketahui bahwa setiap jenis batu akik akan mempunyai ciri ke-khas-annya tersendiri yang tak akan sama satu dengan yang lainnya.

4. Perhatikan Potongan Batu Akik

Dari segitu banyaknya janis batu akik yang mempunyai segala kelebihannya membuat para pengerajin batu juga akan menyesuaikan dalam memotong batu akik. Maka terdapat beberapa tipe-tipe dalam memotong batu akik agar dapat meningkatkan nilai dari kesesuaian yang dapat meningkatkan keindahan dari batu akik tersebut.

Untuk itu kita juga harus memahami beberapa teknik dalam memotong batu akik yang baik. Kerena beberapa jenis batu akik akan mempunyai pakem tersendiri pastinya. Sebagai contoh saat batu bacan yang mempunyai pakem pola oval cobochon untuk meningkatkan nilai estetikanya.

5. Volume atau Berat Batu Akik

Terdapat beberapa jenis batu akik yang mempunyai berat lebih apabila dibandingkan dengan batu yang lain. Batu akik jenis bacan akan cenderung mempunyai berat yang lebih apabila kita bandingkan dengan berat batu jenis lain. Hal ini disebabkan mempunyai tekstur material ferium. Bisa ita bandingkan langsung dengan batu akik buatan untuk lebih detailnya lagi. Untuk itu kita harus pandai-pandai dalam memilih serta memilah batu akik yang berkualitasdan yang tidak.

6. Perhatikan Warna Batu

Bila kita berbicara masalah batu akik, maka warna sangatlah mempengaruhi dari kualitas batu akik itu sendiri. Bila semakin bagus serta unik warnanya, maka tentu saja akan memunyai nilai estetika yang semakin tinggi pula. Apabila kita ingin membeli sebuah batu akik, maka sebaiknya kita memperhatikan kedalaman warna yang ada dalam batu akik tersebut.

Batu akik yang warnanya semakin tajam adalah salah satu nilai kelebihan yang ada dari batu akik tersebut. Tapi hal perlu kita ingat bahwa warna yang yajam tidak selalu cerah maupun mencolok, namun yang pasti mempunyai tekstur warna yang kuat serta padat.

7. Perhatikan Kejernihan Batu Akik

Ciri batu akik yang bagus yakni mempunyai tingkat kejernihan atau boleh dikatan kecerahan yang tinggi di dalamnya. Dengan tekstur mengkilap serta pada beberapa jenis batu akik dapat tembus cahaya adalah salah satu ciri yang menandakan batu tersebut bagus. Walaupun demikian kita juga harus memperhatikan tingkat kejernihan dari batu akik tersebut, batu yang berasal dari alam umumnya akan mempunyai kekeurangan atau inklusi di dalamnya.

Karena kita akan sulit untuk menemukan batu yang berasal dari alam yang tanpa cacat. Karena memang proses alam, maka pastinya akan ada beberapa titik pola alami yang tak jernih. Bila kita menemukan sebuah batu yang mempunyai kejernihan yang 100%, maka kita patut mempertanyakan keasliannya.

8. Jangan Mudah Percaya

Pastinya pedagang akan meyakikan para calon pembelinya bahwa batu akik tersebut adalah asli dengan jenis tertentu. Apabila kita memang belum tahu betul asli atau tidaknya jenis batu tersebut lebih baik kita urungkan dahulu untuk membelinya. Kita juga dapat memilih pedagang atau tempat menjual batu akik yang terpercaya.

Demikian tadi beberapa tips yang harus kita perhatikan ketika ingin membeli batu akik yang asli. Semoga saja artikel ini dapat membantu anda semua untuk mendapatkan sebuah batu akik yang mempunyai kualitas tinggi dan sesuai dengan keinginan kita tentunya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: