7 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing

Cara Membuat Strategi Marekting – Ketika sedang berperang agar bisa mendapatkan kemenangan kita memerlukan strategi yang pas dan sesuai dengan keadaan kita. Seperti misalnya strategi perang gerilya untuk mengatasi musuh dengan jumlah pasukan dan senjata yang minimal. Strategi gerilya yang menggunakan pola serangan diam-diam dan mendadak lebih efektif ketimbang strategi penyerangan terbuka, jika dalam kondisi pasukan dan persenjataan yang kalah jumlah dengan musuh. Dengan adanya strategi ini pola serangan, tujuan dan persenjataan dapat digunakan secara efektif mengalahkan musuh.

Hampir sama dengan perang, bisnis juga memerlukan strategi agar apa yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Bentuk bisnis yang bermacam – macam memerlukan strategi pemasaran yang berbeda-beda juga. Sehingga diperlukan strategi marketing yang pas agar pemasaran efektif. Sebuah strategi pemasaran yang baik pada umumnya diawali dengan mempertimbangkan dengan baik informasi yang terkandung dalam strategi pemasaran. Tentu saja hal ini agar dapat membantu menentukan tujuan visi, misi dan bisnis yang kita lakukan sekaligus langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk dapat mencapai hal tersebut

Karena itu strategi pemasaran sangat mempengaruhi bagaimana kita menjalankan bisnis sehingga perlu dibahas dengan baik “bagaimana-bagaimana” nya. Selain itu strategi pemasaran juga merupakan alat perencanaan jangka panjang yang menggambarkan bisnis, produk dan layanan yang kita berikan, menjelaskan posisi dan peran produk dan jasa di pasaran, siapa saja pelanggan dan pesaing kita, mengidentifikasi taktik pemasaran yang akan digunakan dan juga memungkinkan kita untuk membangun sebuah rencana pemasaran dan mengukur kefektifitasannya.

Sekedar informasi strategi pemasaran berbeda dengan dengan rencana pemasaran atau marketing plan. Strategi pemasaran menggambarkan secara umum bagaimana arah dan tujuan dalam bisnis kita sedangkan marketing plan atau rencana pemasaran menggambarkan secara spesifik apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut (Baca lebih lanjut : Apa Itu Marketing Plan?).

Menulis Strategi Pemasaran

Dengan menulis strategi pemasaran anda akan membantu dalam membangun reputasi yang kuat untuk produk yang anda tawarkan. Selain itu dengan menuliskannya akan membantu anda untuk menargetkan produk dan jasa kepada orang-orang yang paling mungkin membelinya.

Berikut ini beberapa tips membuat strategi pemasaran dengan beberapa komponen penting didalamnya agar dapat membantu anda membuat investasi pemasaran yang besar, pemasaran yang tetap terfokus dan mengukur serta meningkatkan hasil penjualan anda tentunya.

Tentukan tujuan bisnis anda

Untuk membuat strategi pemasaran yang berhasil anda perlu menentukan tujuan menyeluruh anda sehingga anda dapat menentukan seperangkat tujuan pemasaran untuk mendukung hal tersebut. Tujuan bisnis anda bisa saja seperti meningkatkan popularitas produk dan jasa yang anda tawarkan, menjual lebih bnyak produk dari supplier tertentu atau meningkatkan cakupan segmen pembeli yang baru.

marketing-strategy

tujuan dalam marketing strategi

Membuat tujuan sama saja seperti anda menetapkan sebuah target sehingga anda dapat mengukur sendiri apa saja yang telah anda lakukan untuk mendaptkan target tersebut. Untuk membuat tujuan bisnis anda perlu diperhatikan kriteria SMART berikut:

  • Specific (rinci) – Tentukan secara jelas apa yang ingin dicapai
  • Measureable (terukur) – Mengatur langkah-langkah yang nyata sehingga hasilnya dapat terukur
  • Achiveable (dapat dicapai) – Tentukan hal yang sesuai dengan kapasitas kemampuan dan biaya
  • Relevant (sesuai) – Tentukan hal yang dapat meningkatkan aspek lain dalam bisnis anda
  • Time-bound (terikat waktu) – Tentukan hal yang dapat anda capai dengan batas waktu yang anda butuhkan untuk mendapatkannya.

 

Lakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar merupakan bagian penting dari strategi pemasran. Karena dari riset tersebut anda bisa mendapakan informasi terkait pasar anda seperti ukuran, pertumbuhan, tren dan demografi (statistik pembeli seperti usia, jenis kelamin dan tipe keluarga) sosialnya. Sehingga anda dapat mengatasi perubahan yang terjadi didalam pasar dengan strategi pemasaran yang pas. (Baca juga : Marketing Research Efektif)

Ketahui Siapa Pelanggan Potensial Anda

Melalui riset pasar anda akan mengetahui profil pelanggan yang anda targetkan dan kebutuhan yang dicari oleh mereka. Selain itu dari profil tersebut anda dapat menemukan pola pembelian mereka seperti bagaimana mereka membeli, dimana dan apa saja yang yang mereka beli. Tentu saja anda perlu update terhadap tren yang digandrungi pembeli anda agar tidak melewatkan kesempatan atau apa yang anda promosikan tidak sesui dengan tren yang ada. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga hubungan anda dengan pelanggan yang lama ketika mencari target pasar yang baru.

Ketahui Siapa Pesaing Anda

Selain mengetahui siapa pelanggan anda, tentu saja anda harus tahu siapa pesaing anda mulai dari produk apa saja yang mereka jual, darimana mereka mendapat pasokan barang serta harga dan strategi pemasaran mereka. Dengan menggunakan informasi tersebut anda dapat menentukan keunggulan yang anda miliki yang membuat bisnis anda berbeda dari pesaing anda. Anda juga dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam pengelolaan bisnis anda sehingga kinerja anda dapat meningkat lebih baik dari pesaing anda.

Kembangkan Strategi untuk Mendukung Pemasaran

Buatlah daftar target pasar anda kemudian susun cara yang mampu untuk menarik perhatian dan membuat mereka bertahan. Seperti memberikan contoh hasil dari produk anda dapat menarik perhatian anak-anak muda terhadap produk anda. Dengan strategi pemasaran yang sesuai dapat meningakatkan keberhasilan anda misalnya secara teratur mengupdate barang dan jasa yang anda tawarkan melalui Facebook atau Twitter; membuat iklan di majalah gaul untuk target anak muda; dan menawarkan diskon untuk pelajar.

Gunakan “Marketing 7Ps”

Identifikasikan cara pada marketing mix anda menggunakan Marketing 7Ps. Dengan menggunakan kombinasi marketing yang tepat terkait Product(produk), Price(harga), Place(tempat), People(orang), Process(Proses) dan Proof(bukti), strateg pemasaran anda akan semakin berhasil.

Mencoba Ide-ide Anda

Ketika menentukan cara yang pas, lakukanlah beberapa riset online kemudian ujilah beberapa ide dan pendekatan pada pelanggan dan tim anda setelah itu catat ide dan pendekatan mana yang berhasil.Anda memerlukan beberapa cara yang berbeda untuk memenuhii kebutuhan pelanggan, memenuhi target pasar dan meningkatkan hasil penjualan anda.

Nah itu tadi beberapa tips cara mudah membuat strategi marketing. Bagaimana? mudahkan? semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: