5 Tips Instagram Marketing Supaya Jualan Laris

Cara Optimasi Instagram – Mungkin banyak sekali online shop atau bahkan anda yang mengeluh sebab kita sudah berjualan online tapi omsetnya segitu-gitu saja atau bahkan belum menghasilkan sama sekali. Hal ini tentu membuat kita menjadi binggung, apalagi melihat teman-teman kita yang sudah berjualan online dan daganganya laris manis. Sebenarnya kita sangat di untungkan bisa memulai bisnis online di masa ini, sebab kita sudah di sediakan banyak fasilitas GRATIS yang jika kita tahu caranya bisa sangat powerfull untuk meningkatkan penjualan.

Di era sekarang, sosial media telah menjadi bagian hidup kita semua. Setiap hari pasti kita akan mengecek akun sosial media kita, baik itu facebook, path, twitter, dan juga Instagram. Nah dari kesemua media instagram tersebut, instagramlah yang sedang naik-naiknya. Hal ini menurut saya cukup berasalan, sebab kita sebagai manusia akan lebih tertarik dengan sesuatu yang bersifat visual dan Instagram nampaknya jeli melihat tersebut.

Dengan memanfaatkan momentum tersebut, banyak sekali online shop online shop yang mulai menjamur di instagram. Namun sayangnya masih banyak diantara mereka yang masih asal-asalan dalam berjualan di instagram sehingga yang terjadi adalah spaming di akun-akun yang memiliki followers banyak.

Optimasi Instagram Untuk Bisnis Online

Jika anda sedang mencari tutorial atau tips cara jualan online di instagram yang baik dan benar maka anda sudah tepat membaca artikel ini. Di sini saya akan share apa yang saya tahu dan saya lakukan dalam berjualan online via instagram. Saya rasa instagram masih akan potensial untuk 1- 2 tahun kedepan.

1 Buat Akun Instagram yang sesuai Kata Kunci

Jika anda masih pemula di bisnis online cara ini sangat saya rekomendasikan. Dengan mengunakan akun instagram dengan kata kunci maka tingkat clossingnya akan lebih tinggi jika di banding dengan akun yang mengunakan brand.
Contoh sederhannya seperti ini. Misalkan saya akan berjualan parfum via instagram, kemudian saya membuat akun instagram dengan nama Jual Parfum Origianal”. Maka jika orang mengetik kata kunci Jual parfum“, “Parfum Origianal” dan “Jual Parfum Original” maka akun saya akan muncul di menu pencarian Instagram. Berbeda halnya jika anda mengunakan nama akun yang tanpa kata kunci misalkan nama akun instagram anda adalah Kanza Store. 

Artikel Terkait : Cara Memilih Nama Domain, Brand atau Keyword?

Apakah itu salah?

Oh tidak saya tidak bilang itu salah, namun jika anda mengunakan nama tersebut maka misal ada orang yang mengetik “Jual Parfum” maka akun anda tidak akan muncul di pencarian.

Baca juga :Cara Mudah Membuat Akun Instagram Untuk Jualan Online

2. Maksimalkan Fungsi Hashtags

Anda tentu  sudah sangat akrab dengan yang namanya hashtag atau tagar ‘#’. Penggunaan hashtags sendiri terkadang memang sudah salah kaprah dan bergeser dengan sebagaimana fungsinya yang sesungguhnya. Hashtag sendir sejatinya di ciptakan dengan fungsi tersendiri yaitu untuk memfokuskan atau mengelompokkan tema atau topik informasi.

Dengan mengunakan hashtags yang tepat maka akan membuat akun anda semakin populer sehingga orang akan tertarik dengan akun anda dan menjadi followers anda.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Ribuan Hashtags dalah Hitungan Menit

3. Upload Foto dan Video yang Menarik

Ini adalah bagian yang paling penting. Dengan adanya foto dan video yang menarik akan membuat konsumen suka dan tertarik. Jika sudah begitu maka kemungkinan clossingnya juga semakin besar. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa Instagram adalah media sosial berbasisi visual. Ini mirip dengan kita membuat status kalau di facebook dan membuat twett kalau di twitter.Ya anda tidak harus selalu sewa fotografer handal juga sih, paling tidak anda dalam mengambil fotonya tidak asal-asalan.

Anda bisa melakukan sedikit editing dengan aplikasi editor atau anda bisa juga mengunakan  fasilitas edit dan filter bawaan dari Instagram. Tentu foto tersebut akan terlihat lebih bagus dan menarik

Untuk cara membuat foto yang bagus dan menarik silahkan baca artikel saya : Cara Mengupload Foto dan Video Menarik di Instagram

4. Bangun Komunikasi dan Kedekatan dengan Konsumen

Ini sama seperti kalau misalkan Anda punya toko fisik atau toko offline, Anda tentu harus pintar-pintar menjaga interaksi dengan calon konsumen. Sehingga calon konsumen akan betah dan tidak pindah ke akun Instagram yang lain. Intinya, Anda benar-benar menjawab komentar-komentar  yang di tanyakan oleh calon konsumen ke foto yang anda upload, terlebih jika komentarnya mulai menanyakan soal produk seperti harga, ongkos kirim dll.Selain itu anda harus rajin juga melakukan komentar dan like di foto akun followers anda. Jadi Intinya anda harus selalu ramah agar konsumen merasa nyaman dan betah dengan akun kita.

Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Kepuasan Konsumen/Pelanggan

5. Hubungkan ke Akun Sosial Media Lain

Setiap orang tentu punya banyak akun media sosial namun tentu mereka punya akun media yang menjadi favorit. Sehingga meskipun kita punya banyak media sosial, tapi mungkin hanya satu atau dua saja yang paling sering kita buka.

Karena itulah menyambungkan akun instagram anda ke akun-akun sosial media yang lain menjadi sangat penting. Sehingga jika ada orang-orang yang mungin jarang membuka instagram ia akan tetap mendapatkan informasi apa yang kita jual. Selain itu jika anda meng-connect-kan akun instagram dengan media sosial yang lain tentu itu akan membuat anda tidak perlu repot-repot lagi  mem-posting foto yang sama berkali-kali. Anda akan meghemat waktu sekaligus hemat kuota.

Sekian tutorial Tips Optimasi Akun Instagram agar Jualan Makin Laris. Semoga artikel ini bermanfaat

Cari Artikel di Sini


5 Tips Instagram Marketing Supaya Jualan Laris | Admin | 4.5
%d bloggers like this: