10 Cara Praktis Manejemen Usaha

Manajemen Usaha – Pengertian manajemen usaha adalah berbagai paya untuk mengelola usaha atau bisnis sehingga hasil yang didapatkan maksimal dan usaha mampu bertahan dengan baik

Pasti kita ingin melakukan sesuatu untuk mendapat uang berlimpah. Dan salah satu caranya untuk mencapi hal itu adalah dengan berbisnis. Tapi bila kita tak cermat dan telaten dalam menjalankannya bukannya untuk malah rugi.

Seperti dikuti dari kampungwirausaha.com, ada 10 tips untuk memulai, mengatur serta mengelola bisnis kita. Nah berikut ini adalah ke-10 tipsnya:

1.Lebih Realistis

Saat kita membuat model dari bisnis kita, coba kita perhatikan sekitar serta carilah contoh dari model bisnis kita, lalu kita pelajari. Bila kita tidak mampu untuk menemukan contoh model bisnis kita mungkin dikarenakan kita terlalu jenius, atau boleh diakatan model kita tak bisa berhasil di dunia nyata.

manajemen usaha

kita harus berusaha degan keras (image : anneahira.com)

2.Jangan Menginvestasikan Uang Sendiri

Perlu kita ingat bahwa kebanyakan dari bisnis merupakan perjalanan yang dipenuhi dengan resiko, maka kita perlu mencari partner. Jadi bila semua tidak sesuai dengan rencana awal, kita tak bakal rugi karena bisnis tadi serta tak akan dikejar-kejar oleh hutang.

Serta dengan membuat team akan memudahkan kita dalam bekerja serta beban kerjanya akan terbagi.

3.Bersedia Bekerja Lebih Keras

Jika kita tak mau untuk bekerja keras, lembur, melupakan kesenangan sejenak mungkin dunia wirausaha tak cocok dengan kita. Pasti untuk awalnya kita tak akan mampu untuk membayar karyawan, walaupun karyawan bergaji rendah. Jadi karyawan pertama kalinya adalah kita sendiri.

4.Hargai Waktu

Berilah nilai uang untuk setiap waktu kita, misalkan saja Rp10 ribu perjamnya. Ini akan membantu kita saat mengambil keputusan: bila mana vendor kita menenakan biaya Rp. 5 ribu untuk setiap pengiriman perminggunya serta bila kita mengambil sendiri gratis.

Akan tetapi tetapi bila kita mengambilnya membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke lokasi vendor tersebut, maka akan lebih baik anda membayar ongkos kirim dari perusahaan tersebut karena akan lebih murah.

Putuskan kita bekerja lebih efisien, karena dalam banyak kasus, waktu kita lebih berharga dari harga membayar orang untuk melakukan hal yang banyak mengahbiskan waktu.

5.Rekrut Karyawan dengan Baik

Tanpa memperdulikan ukuran usaha yang kita punya, pastilah nanti kita akan memebutuhkan karyawan dari luar. Untuk itu kita perlu melakukan proses rekruitmen secara hati-hati, tanpa tergsesa-gesa, serta harus menganggap proses rekruitmen tadi sepenting kita memulai usaha.

Akan disayangkan bila kita mempunyai sebuah visi untuk usaha kita, akan tetapi merekrut karyawan yang justru menghalangi terwujudnya visi kita.

6.Jual Kelebihan, Bukan Harga

Pada saat kita memulai usaha, awalnya pasti akan sulit untuk membuka pasar. Namun bila kita bersaing harga, pada akhirnya kita hanya akan menjual produk kita dengan harga pas-pasan atau malah dengan harga dibawah harga modal.

Untuk itu kita perlu menguasi keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, agar dapat menjelaskan harga produk kita tinggi disebabkan karena mempunyai nilai yang lebih baik dibanding produk sejenis.

7.Ketahui Angka Dasar (Hitung HPP dengan Cermat)

Penting sekali kita untuk mengetahui berapa modal yang dibutuhkan agar dapat menjalankan usaha kita, dimulai dari sewa tempat, listrik, asuransi karyawan, sampai hal terkecil seperti harga tinta printer, kertas, serta pajak.

Setalahnya kita bagi semua itu dengan beberapa hari dalam setahun kita akan membuka usaha, nah itulah yang disebut angka dasar, jumlah minimum pendapatan yang kita akan butuhkan perharinya. Bila tak terpikir tentang angka dasar ini, coba pikir-pikir kembali untuk membuka usaha.

8.Gunakan Teknologi Terbaru

Teknologi baru seperti halnya aplikasi serta penyimpanan data dengan cloud teknologi sangatlah murah serta membuat perusahaan kecil mempu untuk bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkanlah teknologi rendah biaya yang ada pada pasaran.

9.Perlakukan Vendor dengan Baik

Perlakukanlah semua vendor serta suplier kita sebaik mungkin, seperti halnya kita memperlakukan semua konsumen kita. Bisa saja mereka akan memberikan diskon kepada kita berdasarkan volume pemasanan kita, atau bahkan bisa saja demi untuk menjaga hubungan baik terhadap kita.

Dengan hubungan yang baik ini mungkin mereka akan mengerti bila mana terjadi keterlambatan pembayaran, atau bisa saja akan memberi pengiriman gratis kepada kita.

10.Jadilah yang Terbaik

Kita tidak boleh setengah-setengah dalam menjalankan usaha kita. Setiap hal yang kita lakuakan harus kita lakukan dengan baik, begitupun saat kita memperlakukan konsumen kita. Adapun yang kta buat serta jual haruslah yang terbaik.

Lakukan itu secara berkesinambungan, dan kekuatan word of mouth akan menyebar secara luas.

Nah sekian dulu penjelasan tentang manajemen usaha yang baik, semoga dengan artikel tadi kita dapat mengambil pelajaran. Terima kasih telah membaca artikel kami, dan sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini


10 Cara Praktis Manejemen Usaha | Admin | 4.5
%d bloggers like this: